Multimedia adalah
penggunaan komputer untuk menyajikan dan menggabungkan teks, suara, gambar,
animasi, audio dan video dengan alat bantu (tool) dan koneksi (link) sehingga
pengguna dapat melakukan navigasi, berinteraksi, berkarya dan berkomunikasi.
1. Multimedia Content Production
adalah
penggunaan beberapa media (teks, audio, graphics, animation, video dan
interactivity) yang berbeda dalam menyampaikan suatu informasi atau
menghasilkan produk multimedia seperti video, audio, musik, film, game,
entertaintment, dll. Bisa juga dikatakan sebagai penggunaan beberapa teknologi
yang berbeda yang memungkinkan untuk menggabungkan media (teks, audio,
graphics, animation, video, dan interactivity) dengan cara yang baru untuk
tujuan komunikasi. Dalam kategori ini media yang digunakan adalah :
A. Media
teks/tulisan
B. Media
audio/suara
C. Media
video
D. Media
animasi
E. Media
gambar
F. Media
Interaktif
G. Media
spesial effect
2. Multimedia Communication
Adalah
penggunaan media (massa), seperti televisi, radio, media cetak dan internet
untuk mempublikasikan / menyiarkan / mengkomunikasikan material periklanan,
publikasi, entertaintment, berita, pendidikan, dll. Dalam kategori ini media
yang digunakan adalah :
A. TV
B. Radio
C. Film
D. Media
Cetak
E. Musik
F. Game
G.
Entertainment
H. Tutorial
I. Internet
Konsep Multimedia
Di
dalam seni pertunjukan teater yang memanfaatkan lebih dari satu medium sering
kali disebut pertunjukan multi media. pertunjukan multimedia tersebut mencakup
media monitor video dan karya seni manusia sebagai bagian dari pertunjukan.
dalam perkembangan selanjutnya penggunaan istilah multimedia mengalami pedikit
perubahan, tadinya memiliki makna seni pertunjukan dengan menggunakan berbagai
media beralih keistilah komputer, maka akhirnya multimedia masuk dalam kosa
kata komputer.
Konsep
multimedia dari waktu kewaktu berubah-ubah pada setiapp masanya. pada era 60-an
multimedia diartikan sebagai kumlupan atau gabungan dari berbagai peralatan
media yang berbeda untuk digunakan persentasi. Pada tahun 90-an multimdia
dimaknai sebagai Transmitting text, audio and graphic in real time. makna yang
lebih luan menurut Gayestik ( 1993 )
multimedia sebagai suatu sistem
komunikasi interaktif berbasis komputer yang mampu menciptakan, menyimpan,
menyajikan, dan mengakses kembali informasi berupa text , gerafik, suara, video
atau animasi.
Kegunaan Multimedia dalam Dunia
Pendidikan
Media
pengajaran digunakan dalam rangka upaya peningkatan atau mempertinggi mutu
proses kegiatan belajar-mengajar. Oleh karena itu harus diperhatikan
prinsip-prinsip penggunaanya antara lain:
Penggunaan
media pengajaran hendaknya dipandang sebagai bagian integral dari suatu sistem
pengajaran dan bukan hanya sebagai alat bantu yang berfungsi sebagai tambahan
yang digunakan bila dianggap perlu dan hanya dimanfaatkan sewaktu-waktu.
Media
pengajaran hendaknya dipandang sebagai sumber belajar yang digunakan dalam
usaha memecahkan masalah yang dihadapi dalam proses belajar-mengajar.
Guru
hendaknya benar-benar menguasai teknik-teknik dari suatu media pengajaran yang
digunakan. Guru seharusnya memperhitungkan untung ruginya pemanfaatan suatu
media pengajaran. Penggunaan media pengajaran harus diorganisir secara
sistematis bukan sembarang mengunakannya.
Jika
sekiranya suatu pokok bahasan memerlukan lebih dari macam media, maka guru
dapat memanfaatkan multi media yang menguntungkan dan memperlancar proses
belajar-mengajar dan juga dapat merangsang siswa dalam belajar.
Beberapa
syarat umum yang harus dipenuhi dalam pemanfaatan media pengajaran dalam PBM,
yakni:
·
Media
pengajaran yang digunakan harus sesuai dengan tujuan pembelajaran yang telah
ditetapkan.
·
Media
pengajaran tersebut merupakan media yang dapat dilihat atau didengar.
·
Media
pengajaran yang digunakan dapat merespon siswa belajar.
·
Media
pengajaran juga harus sesuai denga kondisi individu siswa.
·
Media
pengajaran tersebut merupakan perantara (medium) dalam proses pembelajaran
siswa.
Penggunaan
media pengajaran seharusnya mempertimbangkan beberapa hal berikut ini:
Guru harus
berusaha dapat memperagakan atau merupakan model dari suatu pesan (isi pelajaran)
disampaikan.
Jika objek
yang akan diperagakan tidak mungkin dibawa ke dalam kelas, maka kelaslah yang
diajak ke lokasi objek tersebut.
Jika kelas
tidak memungkinkan dibawa ke lokasi objek tersebut, usahakan model atau
tiruannya.
Bilamana
model atau maket juga tidak didapatkan, usahakan gambar atau foto-foto dari
objek yang berkenaan dengan materi (pesan) pelajaran tersebut.
Jika gambar
atau foto juga tidak didapatkan, maka guru berusaha membuat sendiri media
sederhana yang dapat menarik perhatian belajar siswa.
Bilamana
media sederhana tidak dapat dibuat oleh guru, gunakan papan tulis untuk
mengilustrasikan objek atau pesan tersebut melalui gambar sederhana dengan
garis lingkaran
Manfaat Multimedia Dalam
Kehidupan Sehari-hari:
Bidang Pendidikan
Berikut
ini adalah kelebihan-kelebihan yang dimiliki teknologi multimedia untuk menjadi
alat bantu pilihan bagi kegiatan belajar-mengajar. Multimedia membuat pelajar
mengerti isi pelajaran, Multimedia membuat siswa mengingat dengan mudah tentang
isi pelajaran, Multimedia menyampaikan isi pelajaran dengan canggih dan
berkesan, Multimedia mampu menjadi sumber pengetahuan, Multimedia mampu
menunjukkan dunia sekitar yang kaya dengan ilmu pengetahuan, Multimedia mampu
menghibur selama proses pembelajaran, Multimedia membuat terjadinya interakti
antara siswa dengan teknologi terkini, Multimedia memberi peluang kepada guru
untuk mengubah kaidah pengajaran dan Multimedia membuat proses belajar dan
mengajar menjadi lebih menyenangkan.
Bidang Kesehatan
Mempermudah
Dokter dan Perawat dalam memonitor kesehatan pasien monitor detak jantung
pasien lewat monitor komputer, aliran darah , memeriksa organ dalam pasien
dengan sinar X.
Bidang Transportasi
Dengan
komputer semua jadwal dan jalur penerbangan yang transit dibandara bisa di
program dan dijadwalkan dengan komputer. Untuk menerbangkan sendiri pesawat
dilengkapi dengan peralatan komputer. Bahkan setelah mencapai ketinggian
tertentu pesawat bisa di terbangkan otomatis dengan pilot otomatis yang sudah
diprogram di dalam kmputer.
Dengan
komputer, narigasi kapal laut bisa
ditentukan koordinat dan arah gerak kapal. Demikian juga penjualan tiket di
Bandara , Stasiun , Dan Terminal Bus di layani dengan cepat menggunakan komputer.
Bidang Industri Perfilman
Semua
efek-efek di dunia akting , animasi, dan penyotingan adegan film semua di rekam
dengan perangkat elektronik yang dihubungkan dengan komputer. Animasinya juga
di kembangkan mempergunakan animasi yang dibuat dengan aplikasi komputer.
Bidang Perdagangan
Multimedia
mengubah cara orang berbelanja. Daripada lelah menelusuri toko ke toko lain
untuk memperoleh barang dengan ukuran dan corak yang anda inginkan dan kemudian
anda harus antri di kasir, dengan layanan teleshopping atau home shopping
memungkinkan anda berbelanja dari rumah.
Multimedia Berbasis Layanan Internet
Pemanfaatan
TIK dalam pembelajaran di Indonesia telah memiliki sejarah yang cukup panjang.
Inisiatif menyelenggarakan siaran radio pendidikan dan televisi pendidikan
sebagai upaya melakukan penyebaran informasi ke satuan-satuan pendidikan yang
tersebar di seluruh nusantara, merupakan wujud dari kesadaran untuk
mengoptimalkan pendayagunaan teknologi dalam membantu proses pembelajaran
masyarakat. Kelemahan utama siaran radio maupun televisi pendidikan adalah
tidak adanya interaksi timbal-balik yang seketika. Siaran bersifat searah, dari
nara sumber belajar atau fasilitator kepada pembelajar.
Komputer
dengan kemampuannya mengolah dan menyajikan tayangan multimedia (teks, grafis,
gambar, suara, dan movie) memberikan peluang baru untuk mengatasi kelemahan
yang tidak dimiliki siaran radio dan televisi. Bila televisi hanya mampu
memberikan informasi searah (terlebih-lebih bila materi tayangannya adalah
materi hasil rekaman), pembelajaran berbasis teknologi internet memberikan
peluang berinteraksi baik secara sinkron (real time) maupun asinkron (delayed).
Pembelajaran berbasis internet memungkinkan terjadinya pembelajaran secara
sinkron dengan keunggulan utama bahwa pembelajar maupun fasilitator tidak harus
berada di satu tempat yang sama. Pemanfaatan teknologi video conference yang
dijalankan berdasar teknologi Internet, memungkinkan pembelajar berada di mana
saja sepanjang terhubung ke dalam jaringan komputer. Selain aplikasi puncak
seperti itu, beberapa peluang lain yang lebih sederhana dan lebih murah juga
dapat dikembangkan sejalan dengan kemajuan TIK saat ini.
Layanan tujuan internet
dengan protocolnya masing-masing:
http
(Hypertext Transfer Protocol) Untuk menempatkan dan membaca dokumen-dokumen.
https Untuk
menempatkan dan membaca dokumen terkunci
Pop (Post
Office Protokol) Untuk menerima surat elektronit/e-mail
ftp (File
Transfer Protocol) Untuk mentransfer file antar komputer
Gopher Untuk
menu-menu yang tersedia di internet
Usenet Untuk
berpartisipasi dalam grup diskusi
Irc (Internet
Relay Chat) Untuk teks pesan real-time
Smtp Untuk
mengirim e-mail
Mud (Multi
User Dimension) Untuk permainan game real-time
Referensi:
http://www.siinforman.com/2015/09/pengertian-multimedia.html
https://id.wikipedia.org/wiki/Multimedia Tugas Softskill
Konsep Dasar TI & Mulitimedia
Multimedia adalah penggunaan komputer untuk menyajikan dan menggabungkan teks, suara, gambar, animasi, audio dan video dengan alat bantu (tool) dan koneksi (link) sehingga pengguna dapat melakukan navigasi, berinteraksi, berkarya dan berkomunikasi.
1. Multimedia Content Production
adalah
penggunaan beberapa media (teks, audio, graphics, animation, video dan
interactivity) yang berbeda dalam menyampaikan suatu informasi atau
menghasilkan produk multimedia seperti video, audio, musik, film, game,
entertaintment, dll. Bisa juga dikatakan sebagai penggunaan beberapa teknologi
yang berbeda yang memungkinkan untuk menggabungkan media (teks, audio,
graphics, animation, video, dan interactivity) dengan cara yang baru untuk
tujuan komunikasi. Dalam kategori ini media yang digunakan adalah :
A. Media
teks/tulisan
B. Media
audio/suara
C. Media
video
D. Media
animasi
E. Media
gambar
F. Media
Interaktif
G. Media
spesial effect
2. Multimedia Communication
Adalah
penggunaan media (massa), seperti televisi, radio, media cetak dan internet
untuk mempublikasikan / menyiarkan / mengkomunikasikan material periklanan,
publikasi, entertaintment, berita, pendidikan, dll. Dalam kategori ini media
yang digunakan adalah :
A. TV
B. Radio
C. Film
D. Media
Cetak
E. Musik
F. Game
G.
Entertainment
H. Tutorial
I. Internet
Konsep Multimedia
Di
dalam seni pertunjukan teater yang memanfaatkan lebih dari satu medium sering
kali disebut pertunjukan multi media. pertunjukan multimedia tersebut mencakup
media monitor video dan karya seni manusia sebagai bagian dari pertunjukan.
dalam perkembangan selanjutnya penggunaan istilah multimedia mengalami pedikit
perubahan, tadinya memiliki makna seni pertunjukan dengan menggunakan berbagai
media beralih keistilah komputer, maka akhirnya multimedia masuk dalam kosa
kata komputer.
Konsep
multimedia dari waktu kewaktu berubah-ubah pada setiapp masanya. pada era 60-an
multimedia diartikan sebagai kumlupan atau gabungan dari berbagai peralatan
media yang berbeda untuk digunakan persentasi. Pada tahun 90-an multimdia
dimaknai sebagai Transmitting text, audio and graphic in real time. makna yang
lebih luan menurut Gayestik ( 1993 )
multimedia sebagai suatu sistem
komunikasi interaktif berbasis komputer yang mampu menciptakan, menyimpan,
menyajikan, dan mengakses kembali informasi berupa text , gerafik, suara, video
atau animasi.
Kegunaan Multimedia dalam Dunia
Pendidikan
Media
pengajaran digunakan dalam rangka upaya peningkatan atau mempertinggi mutu
proses kegiatan belajar-mengajar. Oleh karena itu harus diperhatikan
prinsip-prinsip penggunaanya antara lain:
Penggunaan
media pengajaran hendaknya dipandang sebagai bagian integral dari suatu sistem
pengajaran dan bukan hanya sebagai alat bantu yang berfungsi sebagai tambahan
yang digunakan bila dianggap perlu dan hanya dimanfaatkan sewaktu-waktu.
Media
pengajaran hendaknya dipandang sebagai sumber belajar yang digunakan dalam
usaha memecahkan masalah yang dihadapi dalam proses belajar-mengajar.
Guru
hendaknya benar-benar menguasai teknik-teknik dari suatu media pengajaran yang
digunakan. Guru seharusnya memperhitungkan untung ruginya pemanfaatan suatu
media pengajaran. Penggunaan media pengajaran harus diorganisir secara
sistematis bukan sembarang mengunakannya.
Jika
sekiranya suatu pokok bahasan memerlukan lebih dari macam media, maka guru
dapat memanfaatkan multi media yang menguntungkan dan memperlancar proses
belajar-mengajar dan juga dapat merangsang siswa dalam belajar.
Beberapa
syarat umum yang harus dipenuhi dalam pemanfaatan media pengajaran dalam PBM,
yakni:
·
Media
pengajaran yang digunakan harus sesuai dengan tujuan pembelajaran yang telah
ditetapkan.
·
Media
pengajaran tersebut merupakan media yang dapat dilihat atau didengar.
·
Media
pengajaran yang digunakan dapat merespon siswa belajar.
·
Media
pengajaran juga harus sesuai denga kondisi individu siswa.
·
Media
pengajaran tersebut merupakan perantara (medium) dalam proses pembelajaran
siswa.
Penggunaan
media pengajaran seharusnya mempertimbangkan beberapa hal berikut ini:
Guru harus
berusaha dapat memperagakan atau merupakan model dari suatu pesan (isi pelajaran)
disampaikan.
Jika objek
yang akan diperagakan tidak mungkin dibawa ke dalam kelas, maka kelaslah yang
diajak ke lokasi objek tersebut.
Jika kelas
tidak memungkinkan dibawa ke lokasi objek tersebut, usahakan model atau
tiruannya.
Bilamana
model atau maket juga tidak didapatkan, usahakan gambar atau foto-foto dari
objek yang berkenaan dengan materi (pesan) pelajaran tersebut.
Jika gambar
atau foto juga tidak didapatkan, maka guru berusaha membuat sendiri media
sederhana yang dapat menarik perhatian belajar siswa.
Bilamana
media sederhana tidak dapat dibuat oleh guru, gunakan papan tulis untuk
mengilustrasikan objek atau pesan tersebut melalui gambar sederhana dengan
garis lingkaran
Manfaat Multimedia Dalam
Kehidupan Sehari-hari:
Bidang Pendidikan
Berikut
ini adalah kelebihan-kelebihan yang dimiliki teknologi multimedia untuk menjadi
alat bantu pilihan bagi kegiatan belajar-mengajar. Multimedia membuat pelajar
mengerti isi pelajaran, Multimedia membuat siswa mengingat dengan mudah tentang
isi pelajaran, Multimedia menyampaikan isi pelajaran dengan canggih dan
berkesan, Multimedia mampu menjadi sumber pengetahuan, Multimedia mampu
menunjukkan dunia sekitar yang kaya dengan ilmu pengetahuan, Multimedia mampu
menghibur selama proses pembelajaran, Multimedia membuat terjadinya interakti
antara siswa dengan teknologi terkini, Multimedia memberi peluang kepada guru
untuk mengubah kaidah pengajaran dan Multimedia membuat proses belajar dan
mengajar menjadi lebih menyenangkan.
Bidang Kesehatan
Mempermudah
Dokter dan Perawat dalam memonitor kesehatan pasien monitor detak jantung
pasien lewat monitor komputer, aliran darah , memeriksa organ dalam pasien
dengan sinar X.
Bidang Transportasi
Dengan
komputer semua jadwal dan jalur penerbangan yang transit dibandara bisa di
program dan dijadwalkan dengan komputer. Untuk menerbangkan sendiri pesawat
dilengkapi dengan peralatan komputer. Bahkan setelah mencapai ketinggian
tertentu pesawat bisa di terbangkan otomatis dengan pilot otomatis yang sudah
diprogram di dalam kmputer.
Dengan
komputer, narigasi kapal laut bisa
ditentukan koordinat dan arah gerak kapal. Demikian juga penjualan tiket di
Bandara , Stasiun , Dan Terminal Bus di layani dengan cepat menggunakan komputer.
Bidang Industri Perfilman
Semua
efek-efek di dunia akting , animasi, dan penyotingan adegan film semua di rekam
dengan perangkat elektronik yang dihubungkan dengan komputer. Animasinya juga
di kembangkan mempergunakan animasi yang dibuat dengan aplikasi komputer.
Bidang Perdagangan
Multimedia
mengubah cara orang berbelanja. Daripada lelah menelusuri toko ke toko lain
untuk memperoleh barang dengan ukuran dan corak yang anda inginkan dan kemudian
anda harus antri di kasir, dengan layanan teleshopping atau home shopping
memungkinkan anda berbelanja dari rumah.
Multimedia Berbasis Layanan Internet
Pemanfaatan
TIK dalam pembelajaran di Indonesia telah memiliki sejarah yang cukup panjang.
Inisiatif menyelenggarakan siaran radio pendidikan dan televisi pendidikan
sebagai upaya melakukan penyebaran informasi ke satuan-satuan pendidikan yang
tersebar di seluruh nusantara, merupakan wujud dari kesadaran untuk
mengoptimalkan pendayagunaan teknologi dalam membantu proses pembelajaran
masyarakat. Kelemahan utama siaran radio maupun televisi pendidikan adalah
tidak adanya interaksi timbal-balik yang seketika. Siaran bersifat searah, dari
nara sumber belajar atau fasilitator kepada pembelajar.
Komputer
dengan kemampuannya mengolah dan menyajikan tayangan multimedia (teks, grafis,
gambar, suara, dan movie) memberikan peluang baru untuk mengatasi kelemahan
yang tidak dimiliki siaran radio dan televisi. Bila televisi hanya mampu
memberikan informasi searah (terlebih-lebih bila materi tayangannya adalah
materi hasil rekaman), pembelajaran berbasis teknologi internet memberikan
peluang berinteraksi baik secara sinkron (real time) maupun asinkron (delayed).
Pembelajaran berbasis internet memungkinkan terjadinya pembelajaran secara
sinkron dengan keunggulan utama bahwa pembelajar maupun fasilitator tidak harus
berada di satu tempat yang sama. Pemanfaatan teknologi video conference yang
dijalankan berdasar teknologi Internet, memungkinkan pembelajar berada di mana
saja sepanjang terhubung ke dalam jaringan komputer. Selain aplikasi puncak
seperti itu, beberapa peluang lain yang lebih sederhana dan lebih murah juga
dapat dikembangkan sejalan dengan kemajuan TIK saat ini.
Layanan tujuan internet
dengan protocolnya masing-masing:
http
(Hypertext Transfer Protocol) Untuk menempatkan dan membaca dokumen-dokumen.
https Untuk
menempatkan dan membaca dokumen terkunci
Pop (Post
Office Protokol) Untuk menerima surat elektronit/e-mail
ftp (File
Transfer Protocol) Untuk mentransfer file antar komputer
Gopher Untuk
menu-menu yang tersedia di internet
Usenet Untuk
berpartisipasi dalam grup diskusi
Irc (Internet
Relay Chat) Untuk teks pesan real-time
Smtp Untuk
mengirim e-mail
Mud (Multi
User Dimension) Untuk permainan game real-time
Referensi:
http://www.siinforman.com/2015/09/pengertian-multimedia.html
https://id.wikipedia.org/wiki/Multimedia