Menaikkan Harga Tanpa Kehilangan Pelanggan?

Saat Anda membeli barang atau menggunakan layanan, ada beberapa faktor yang Anda gunakan sebagai dasar pertimbangan. Salah satunya adalah harga. Bahkan, sebagian besar orang menggunakan harga ini sebagai dasar utama saat mereka akan membeli produk atau menggunakan suatu jasa.

Hal diatas dapat menjadi masalah bagi pemilik usaha. Dengan naiknya harga kebutuhan pokok, maka untuk menutupi biaya produksi yang semakin tinggi, para pemilik usaha ini terpaksa menaikkan harga produk atau layanan mereka. Disini ada kekhawatiran bahwa pelanggan setia mereka akan meninggalkan mereka karena kenaikan harga ini.

Memang, segala sesuatu tentang harga sangatlah penting dalam dunia bisnis sekarang ini. Anda tentunya tidak mau merugi karena biaya produksi, hanya karena ingin mempertahankan harga dan pelanggan Anda bukan. Jadi, diperlukan persiapan dan kehati-hatian sebelum Anda memutuskan untuk menaikkan harga produk atau layanan Anda.

Akan tetapi, ada 3 tips yang dapat Anda gunakan untuk menaikkan harga produk atau layanan Anda, tanpa khawatir akan kehilangan pelanggan Anda. Berikut tipsnya yang dikutip dari Inc.com.

1. Pelanggan Adalah Orang Yang Pertama Tahu

Hal ini sangatlah penting, karena dengan menjadikan pelanggan Anda orang yang pertama tahu tentang keputusan Anda menaikkan harga, maka mereka akan merasa dipercaya. Jadi, Anda harus membuat pengumuman yang sangat jelas dan detail mengenai kapan Anda akan menaikkan harga produk Anda. Contohnya mulai minggu depan atau bulan depan atau dengan tanggal yang pasti pula.

Selain pemberian informasi, Anda juga perlu menjelaskan mengapa Anda ingin menaikkan harga. Beri penjelasan yang logis agar pelanggan Anda dapat menerima dan tetap terpuaskan dengan produk Anda.

2. Kualitas Produk

Ada banyak pebisnis yang ingin menaikkan harga produk atau layanan mereka tanpa menaikkan kualitas produk dan layanan mereka. Bahkan, sebagian dari mereka menurunkan kualitas produk dan layanan mereka. Hal ini tentunya tidak tepat. Pelanggan akan tahu dan merasa bahwa harga yang dipasang tidak sesuai dengan apa yang mereka dapatkan.

Jadi, Anda harus mengimbangi kenaikan harga ini dengan peningkatan kualitas. Dengan begini, pelanggan Anda akan puas dan menerima keputusan menaikkan harga Anda.

3. Pilihan Alternatif


Sediakan juga pilihan alternatif untuk produk dan layanan Anda. Dengan demikian, pelanggan Anda dapat memperhitungkan harga yang ingin dan mampu mereka bayar. Di lain sisi, Anda juga tidak akan mengalami kerugian.

Salah satu contoh pilihan alternatif ini adalah penyediaan pilihan paket hemat. Banyak perusahaan besar yang melakukan hal ini. Dan, mereka sukses membuat pelanggan mereka tetap setia dengan produk atau layanan yang mereka sediakan.

Sekarang, Anda tidak perlu lagi khawatir, bila Anda ingin menaikkan harga. Dengan tips diatas, Anda dapat melakukannya tanpa kehilangan pelanggan. Dan, tentunya hal ini dapat membuat usaha Anda lebih berkembang dan bertahan.

teropongbisnis

Previous
Next Post »